7 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

Cara Mengamankan Android yang Sudah di RootAndroid sangat rentan terhadap ancaman keamanan. Jika langkah-langkah keamanan tidak dilakukan, ponsel android yang sudah di root akan mudah mengalami serangan malware. Tanpa langkah-langkah keamanan ini ponsel Android Anda dapat sangat mudah untuk mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang efektif yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan Android Anda yang sudah di root dari ancaman virus yang mengancam.

Baca: 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Edit Foto di Android

Bagaimana Cara Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root dari Ancaman Malware?

1. Hati-hati dalam Mengelola Akses Root

Hati-hati dalam Mengelola Akses Root
Hati-hati dalam Mengelola Akses Root

Akses root membuat Anda memiliki Akses administrator lengkap pada perangkat Android Anda. Walaupun rooting membuat Anda bisa mengakses lebih jauh ke dalam sistem, ternyata juga berdampak pada mudahnya malware jahat menyerang. Jadi selalu berhati-hati dalam memberikan akses terhadap source/aplikasi pihak ketiga sebelum memberikan izin akses.

2. Mengelola Izin Aplikasi Smartphone

Mengelola Izin Aplikasi Smartphone
Mengelola Izin Aplikasi Smartphone

Izin yang sudah diberikan adalah masalah umum dalam kasus yang ditemui pada aplikasi yang ditemukan di Google Play Store. Mengelola izin dengan bijak dan tepat saat menerima persyaratan tentu dapat melindungi data Anda dari Malware. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari playstore untuk mengelola izin aplikasi.

3. Gunakan Aplikasi OPS

Gunakan Aplikasi OPS
Gunakan Aplikasi OPS

Karena F-Secure tidak tersedia di Playstore, Anda dapat menggunakan App OPS. Fitur bawaan perangkat ini benar-benar dapat membantu Anda saat menginstal aplikasi dan manajemen izin dalam menginstal aplikasi.

4. Menambahkan Firewall

Menambahkan Perlindungan Firewall
Menambahkan Perlindungan Firewall

Ini akan memberikan penghalang data di roaming 3g dan 4g atau jaringan WiFi Anda. Dengan Cara ini Anda dapat sangat mudah memblokir semua data pribadi dari kebocoran.

FWall+ pada dasarnya adalah Linux Firewal yang sangat kuat. Ini akan membatasi izin untuk mengakses lebih detail data pribadi melalui LAN atau VPN, dan bisa dilakukan dengan segala jaringan data.

Firewall akan melindungi semua informasi pribadi Anda yang selalu terhubung dengan internet. Melalui Firewall sistem filter dibuat sehingga dapat melindungi nama domain Anda, Alamat IP, dan nama Host Anda. Anda dapat menolak atau mengizinkan koneksi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pemakaian melalui Aplikasi.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah NetGuard. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat mengontrol penggunaan aplikasi yang ditemukan WiFi, Internet atau data seluler. Netguard tersedia di Google Play Store dan ini adalah aplikasi terbaik untuk perlindungan firewall perangkat smartphone Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Anti Virus

Menggunakan Aplikasi Anti Virus
Menggunakan Aplikasi Anti Virus

Aplikasi yang Anda instal harus sepenuhnya terbebas dari virus. Virus adalah hal yang sering menyebabkan masalah ketika Smartphone Anda sudah di root. Adanya antivirus akan membantu Anda untuk menjaga keamanan dari semua jenis virus.

6. Jangan Instal Aplikasi Tidak Resmi

Jangan Instal Aplikasi Tidak Resmi
Jangan Instal Aplikasi Tidak Resmi

Menginstal aplikasi dari sumber tidak dipercaya dapat membuat smartphone Anda gampang terkena virus berbahaya. Perhatikan bahwa aplikasi yang Anda pasang diperoleh hanya di Google Play Store Saja! Bukan dari internet atau penyedia aplikasi bajakan.

7. Menggunakan Sistem Cleaner

Menggunakan Sistem Cleaner
Menggunakan Sistem Cleaner

Aplikasi Cleaner juga dapat digunakan sebagai alat kemanan untuk membantu implementasi terhadap ancaman eksternal. Penguncian aplikasi juga dapat Anda aktifkan sehingga aplikasi Anda benar-benar terlindungi dari segala malware berbahaya. Clean master adalah pembersih yang bagus dalam menyediakan perlindungan nyata dalam mengamankan semua data pribadi Anda.

Baca Juga: 4 Aplikasi Spreadsheet Untuk Android Terbaik 2019

Itulah 5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root dari Malware berbahaya. Semoga cara ini dapat membantu Anda dalam mengamankan perangkat smartphone Anda dari Ancaman malware berbahaya.

Categories Android

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.