6 Software Editing Suara Terbaik 2019

6 Software Editing Suara Terbaik 2019 – Untuk menghasilkan kualitas rekaman ataupun audio menjadi lebih sempurna tentunya juga membutuhkan alat tempur yang pas dan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Terdapat banyak sekali fitur dari software editing suara, mulai dari yang penggunaannya memang untuk kegiatan para profesional, ataupun yang hanya sekedar hobi olah suara.

Seiring kecanggihan teknologi, fitur-fitur penunjang juga semakin banyak berkembang. Sudah ada software editing suara berbayar dan prabayar, memiliki fitur tambahan, ada yang spesifik untuk operasi tertentu. Nah untuk itulah tulisan ini kami buat, yakni guna membantu Anda memilih dan menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk software editing suara terbaik yang tepat.

Baca: 5 Software Presentasi Offline Terbaik

Daftar Software Editing Suara Terbaik

1. Adobe audition (Windows, dan MacOs)

Adobe Audition - Software Editing Suara Terbaik
Adobe Audition

Bisa diaplikasikan di komputer Anda bila Anda masih belum tahu mau memakai software edit suara apa. Adobe audition memberikan trial kepada pengguna untuk lebih mengetahui fitur-fitur yang ada padanya. Disupport oleh tim Adobe yang sudah lama sekali mengevaluasi tiap kemajuan software nya, sehingga mampu menarik minat para profesional. Hal ini terbukti dari biaya yang dikenakan pengguna setelah masa trial berkisar Rp.300 ribu per bulan untuk berlangganan.

Salah satu yang menarik dari kandidat software editing audio terbaik satu ini ialah, adanya fitur-fitur seperti multi track editing, dan mixing yang memanjakan para pengguna sehingga memberikan suasana editing audio yang terkesan mudah tetapi efisien.

2. Audacity

Audacity - Software Editing Suara Terbaik
Audacity

Audacity dapat diinstal pada Windows, Linux, dan MacOs juga sangat rekomended bagi Anda yang belum menemukan kepercayaan pada suatu software editing audio. Meski gratis software ini memiliki hampir semua fitur-fitur yang mendukung kegiatan edit audio pemula hingga professional.

Audacity juga dilengkapi efek bass, treble, distorsi, penghapusan noise dan masih banyak lagi fitur yang layak Anda coba. Beat finder, finder silence, dan finder suara turut berperan sebagai alat analisis. Sama seperti software editing suara lain, Audacity juga support dengan semua format audio seperti MP3, MP4, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, dan format file audio lainnya.

3. Reaper (Windows, Linux, MacOs)

Reaper Audio Editing - Software Editing Suara Terbaik
Reaper Audio Editing

Tidak kalah dari beberapa software editing suara lainnya, Reaper juga menunjukkan eksistensinya. Terbukti dari jumlah pengunduhnya yang cukup banyak. Software satu ini adalah satu dari sekian daftar software editing audio yang fiturnya tak kalah lengkap dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan software sejenisnya.

Untuk permulaan, pengguna akan diberikan beberapa trek, dan multichannel yang menakjubkan dengan 64 saluran pada tiap treknya. Bisa merekam audio secara langsung, Reaper merekam dan mengubah menjadi mono, stereo, dan file audio multikanal, juga memiliki kemampuan merekam ke disk pada waktu yang sama untuk redudansi data. Hanya saja user interface dari Reaper belum bisa semaksimal Adobe Audition dan dianggap cukup sulit untuk pengguna pemula. Tapi apapun kan perlu latihan agar terbiasa. Buat Anda yang tertarik dengan deskripsinya dan mau mencoba, silahkan saja, ada free trial kok.

4. Ableton Live (untuk Windows, dan MacOs)

Ableton live - Software Editing Suara Terbaik
Ableton live

Ableton dapat digunakan untuk mengimport beberapa file audio trek MIDI sekaligus. Tidak dibatasi oleh ketentuan jumlah layer, sehingga pengguna dapat memasukkan sesuai kebutuhan jumlah audio guna mendukung editingnya. Dilengkapi MIDI capture, 256 mono output channels, dan  256 mono input channels kamu juga bisa menggunakan hingga 70GB suara pra rekaman yang bisa Anda gunakan dalam proyekmu, hingga 46 audio effect.

5. Cubase (Windows, MacOS)

Cubase - Software Editing Suara Terbaik
Cubase

Dari Steinberg, software ini memiliki sesuatu yang spesial, yakni equalizer frekuensi yang membebaskan kamu melakukan pengeditan penghalusan frekuensi ke trek Anda. Banyak sekali fitur yang disuguhkan oleh software edit suara ini, misalnya audio ins. Audio ins memberikan penambahan filter dan efek secara terpisah di audio trekmu.

Pihak Cubase memberikan trial untuk kemudian membelinya jika pengguna berminat, harganya yang lumayan yakni mulai dari 1.6 jutaan mungkin bisa Anda coba.

6. Ardour

Ardour - Software Editing Suara Terbaik
Ardour

Dapat diaplikasikan di perangkat lunak Windows, Linux, dan MacOs. Ardour dapat memberi Anda proses edit audio yang menyenangkan, yakni dengan fiturnya seperti, rekaman dengan mikrofon, MIDI, dan pemotong audio crossfades, transposisi, swing dan banyak lagi, tak lupa Ardour juga tidak membatasi undo dan redo, sehingga Anda bisa bereksperimen sesuka hati.

Baca Juga: 7 Software Mahasiswa Teknik Saat Kuliah

Itulah ulasan dan rekomendasi Software editing suara terbaik yang bisa kami berikan. Tulisan ini bertujuan menghimbau dan menghilangkan sedikit kecemasan Anda sebelum Anda mengambil pilihan untuk software editing audio yang akan Anda gunakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.