Home » Tips » 5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak dan Tidak Terbaca Sama Sekali

5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak dan Tidak Terbaca Sama Sekali

5 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak Dengan Mudah Memperbaikinya – Pasti ketika kamu tau pertama kali kalau memory card hp tidak terbaca sama sekali di Android atau juga Pc, pasti kamu akan membuangnya, karena kartu sd tersebut di katakan rusak. Nah, maka dari itu saya akan berbagi tips Memperbaiki yang Tidak bisa terbaca sama sekali. Jika memori internal smartphone merasa kurang cukup kapasitasnya, kalian juga bisa menambahkan memori eksternal dengan menggunakan SD Card atau Kartu SD.

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak

Jika memori internal smartphone tidak cukup, kamu juga dapat menambahkan memori eksternal menggunakan kartu SD. Tetapi media penyimpanan ini tentu tidak akan terhindar dari masalah, mulai tidak dapat dibaca, data rusak dan banyak lagi. Untuk mengatasinya kali ini Go Fikri punya 5 cara memperbaiki kartu SD yang rusak, mudah dan ampuh banget buat kamu coba!

Baca:  Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi HP Android Cepat Panas Dengan Mudah Mengatasinya

Cara Mengatasi SD Card yang Rusak atau Tidak Terbaca

Kartu SD yang dijual di pasaran saat ini dengan berbagai macam jenis, hingga kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Mulai dari 4GB hingga 512GB yang tergolong besar untuk sebuah SD Card.

Nah, biasanya kartu memori yang tidak terbaca karena rusak tentunya bakal merusak pekerjaan kalian, apalagi jika semua data, foto dan video tersimpan di dalamnya. Dari pada kamu bingung mengatasinya, Go Fikri pastinya sudah mempersingkat Cara mengatasi Kartu SD yang tidak terbaca.

Baca:  Cara Buat Akun Real FBS di Android (Panduan Lengkap)

1. Bersihkan Kartu Memori

Jika SD Card tidak terbaca maupun tidak terdeteksi saat di masukan ke dalam smartphone, langkah pertama yang bisa kalian lakukan ialah membersihkan konektor yang tersedia.

Dengan begini kalian bisa memperbaiki Kartu SD tanpa perlu memformatnya. Buat cara selengkapnya ada dibawah ini :

Keluarkan kartu memori dari perangkat yang kalian miliki, seperti misalnya smartphone, camera, dan actioncam.
Lalu bersihkan lempengan tembaga yang bewarna (kekuningan) yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok dengan perlahan sampai bersih.

apabila sudah, masukkan kembali ke dalam handphone atau gadget kalian dan pastikan SD Card yang bermasalah telah terbaca atau belum.

2. Coba Masukan Kartu Memori Kamu Ke Smartphone Lain

Langkah ini yang paling mudah dilakukan ialah mencoba kartu memori di smartphone lain. Hal ini tentu bisa mendeteksi, apakah kerusakan memang terjadi pada kartu memori atau pada konektor di smartphone kalian.

Caranya ialah kalian tinggal masukkan SD Card yang sudah kalian cabut dan masukkan ke smartphone lainnya. Cek apakah kartu memori dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Cek Error Menggunakan Komputer/Laptop

Kalian juga bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan error melalui komputer atau laptop kalian, untuk melihatnya apakah SD Card kalian bermasalah atau tidak.

Cara ini juga yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki memori card kalian yang tidak bisa format. Untuk langkah – langkahnya ada dibawah ini :

Pertama kali masukkan SD Card ke dalam smartphone dan hubungkan ke Komputer/Laptop dengan menggunakan kabel data.
Jikalau telah terhubung, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC). 
Lalu kalian tinggal membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu memori. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses sampai selesai.

Lakukan Eject sesudah progres selesai dan cek apakah Kartu SD telah kembali normal atau belum.

4. Format Melalui Smartphone Kamu

Kalau kalian sudah tidak terlalu mementingkan data kalian, kalian bisa langsung memformat Kartu SD supaya kembali normal dan bisa di gunakan kembali.

Metode pertama dan tentu yang paling mudah ialah melakukan format melalui smartphone secara langsung tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Silahkan ikuti langkah selengkapnya di bawah ini :

Pastikan kartu memori sudah terhubung dengan smartphone kalian gunakan. Lalu pergi ke menu Setting > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kalian.
Pilih menu Setelan > Penyimpanan > dan pilih Hapus Kartu SD. Tunggu proses hingga selesai dan pilih Done/Selesai.
Terakhir, kalian tinggal cek kartu memori kalian apakah sudah terformat dan kembali normal.

5. Format Melalui PC/Laptop

Tetap masih error walaupun sudah di-format di Android? Tenang aja! Selain melakukannya langsung di hp android, kamu juga bisa melakukan format kartu SD melalui PC/laptop untuk hasil yang lebih advanced dan sempurna loh. Begini caranya:

Nah itulah Cara Ampuh Memperbaiki SD Card Yang Rusak atau kartu memori tidak terbaca dan langkah – langkahnya. Jika memang masih belum berhasil, coba ulangi dan baca yang benar.! Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman – teman kalian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.