4 Aplikasi Spreadsheet Untuk Android Terbaik 2019

Posted on

Aplikasi Spreadsheet Untuk Android Terbaik 2019 – Beberapa tahun yang lalu tidak terbayangkan bahwa ponsel Anda mampu menangani hal yang serumit spreadsheet (Formula, grafik sel dan data). Tapi karena perkembangan teknologi smartphone Android maka dilakukan penyempurnaan terhadap desain layar dan program agar mampu melakukan pengolahan data spreadsheet, dan itu justru merupakan fitur standar yang ada pada Smartphone saat ini.

Baca: Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata

Melakukan pengolahan spreedseat ini ternyata juga membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus di instal pada perangkat smartphone. Oleh karena itu Medipedia sudah merangkum 4 aplikasi spreadsheet untuk android yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Google Sheets

Google sheet sangat umum ditemukan pada perangkat smartphone yang di sinkronkan dengan google drive. Google drive sendiri juga merupakan aplikasi yang sering terpasang di Smartphone, dan ini menjadikan google sheets juga otomatis terpasang di dalamnya.

Aplikasi Spreadsheet untuk Android - Google Sheet
Aplikasi Spreadsheet untuk Android – Google Sheet

Google sheet sangat bagus dan cepat dalam menyiinkronkan terhadap akun google Anda. Aplikasi ini sangat memungkinkan Anda untuk mengerjakan spreadsheet dengan sangat mudah. Fitur yang bisa anda jalankan di google sheet antara lain grafik, filter, tabel pivot dan fitur pengeditan offline yang lengkap.

Untuk tatap muka interface google sheet bagian navigasi masih kurang friendly bagi user, tetapi secara keseluruhan ini adalah aplikasi yang mudah digunakan bagi kebanyakan orang.

2. Microsoft Excel

Aplikasi PC yang sering digunakan mengalami perubahan sangat baik pada sektor smartphone android. Hasil positif juga diperoleh Microsoft Excel di Playstore karena riview pengguna yang merasa terbantu.

Aplikasi Spreadsheet untuk Android - Microsoft Excel
Aplikasi Spreadsheet untuk Android – Microsoft Excel

Mengapa Microsoft Excel begitu baik di smartphone? ini bisa terjadi karena user sudah terbiasa menggunakan aplikasi Excel di PC yang kemudian dibuat antar muka smartphone. Tidak hanya interface saja yang di sematkan pada Microseoft Excel, Mereka juga menyematkan fitur yang sama seperti rumus, bagan, mini grafik, filter data yang lebih baik dari google sheet. Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat bagus di banding aplikasi lain dalam daftar ini.

Baca:  Spesifikasi Smartphone Xiaomi Redmi Note 7

3. WPS Office

Di Satu sisi, sepertinya WPS Office adalah satu-satunya aplikasi di daftar ini yang mengharuskan Anda mengisntal seluruh paket untuk menggunakan fungsi spreadsheet. Walaupun begitu ternyata space yang diperlukan cukuplah kecil, hanya 37 MB dan Anda sudah mendapatkan paket isntalasi word, excel, power point dan lainnya.

Aplikasi Spreadsheet untuk Android - WPS Office
Aplikasi Spreadsheet untuk Android – WPS Office

Meskipun tidak memiliki fitur lengkap seperti Excel, WPS Office memiliki kompatibilitas yang beragam dengan format spreadsheet termasuk format .xls dan Google Sheet. WPS Office juga sangat ringan yang memuatnya cepat untuk melakukan mengolah bagan, gambar, dan formula otomatis. WPS bisa di sinkronkan dengan Google Drive dan Dropbox untuk penyimpanan cloud yang aman.

4. Zoho Sheet

Salah Satu aplikasi yang kurang dikenal oleh para pengguna Android tetapi masih tidak kalah dengan aplikasi diatas. Zoho sheet merasa sangat terinspirasi dari Google Sheet dan berusaha untuk tidak membebani Anda dengan banyaknya elemen interface di layar.

Aplikasi Spreadsheet untuk Android - ZOHO Sheet
Aplikasi Spreadsheet untuk Android – ZOHO Sheet

Zoho Sheet memiliki susunan bagan yang dinamis dan formula standar kompatibel terhadap format .xls Microsoft. Fitur unik lainnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah tampilan widget home screen yang memungkinkan Anda untuk masuk ke spreadsheet terbaru atau fitur fungsi layar terpisah yang memungkinkan Anda untuk melihat dua spreadheet sekaligus.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Edit Foto di Android

Aplikasi diatas akan memberikan Anda banyak pilihan untuk memasang aplikasi berbasis spreadsheet di perangkat Android Anda. Perlu di ingat bahwa ke empat aplikasi diatas memiliki keunggulan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Jadi Anda pilih yang Mana?

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.