4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan CDN di Situs Anda – Anda mungkin sering mendengar kata CDN ini, tetapi Anda tidak memiliki petunjuk sedikitpun tentang apa itu CDN. Anda bahkan sering melihat para pemilik web membaur-baurkan CDN dengan situs web mereka. Secara singkat CDN dapat diartikan sebagai dasar pengiriman pengiriman konten, sama seperti dasar bagaimana internet dapat bekerja. Anda mungkin adalah seorang pemula dalam dunia blogging, dan Anda diharuskan untuk mengenal dasar dasar istilah CDN ini terlebih dahulu.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan CDN

4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan CDN di Situs Anda

Sekarang, apabila Anda memiliki akun web hosting maka Anda dapat mengambil bantuan CDN di dalamnya. Ini tidak akan membuat akun Anda tidak aman, melainkan akan memberikan beberapa manfaat yang luar biasa. Jika google ingin menemukan situs Anda maka harus didukung dengan konten yang menjanjikan. Maksud menjanjikan adalah lalu lintas yang tinggi yang memungkinkan website Anda menjadi down dan memerlukan CDN sebagai solusi praktis.

Baca: 5 Cara Membatasi Panjang Kutipan (Excerpt) Pada WordPress

CDN sendiri juga mempunyai banyak sekali manfaat jika digunakan dengan baik, Saya akan memberikan beberapa manfaat yang bisa dilakukan CDN pada website Anda.

4 Manfaat Menggunakan CDN di Situs WordPress

1. Meningkatkan Kecepatan Load Time

CDN sangat penting untuk ditambahkan ke dalam pengaturan situs yang Anda kelola karena dapat meningkatkan kecepatan. Kecepatan load time mempunyai peran yang sangat penting dalam menarik pembaca. Apbila halaman website Anda memerlukan banyak waktu untuk dimuat, maka pengunjung akan merasa tidak nyaman. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa pembaca menghabiskan 3 detik untuk memuat halaman web, jika lebih dari 3 detik maka akan mengurungkan niat dan memabatalkannya. Oleh karena itu, apabila website Anda menghabiskan loadtime lebih dari 3detik bisa menggunakan CDN untuk meningkatkan kecepatan load time.

2. Menjangkau Pembaca Secara Global

Apabila Anda ingin memperluas bismis, maka Anda harus bekerja secara global dengan menambahkan CDN ke dalam situs WordPress Anda. Menggunakan CDN akan memperluas jaringan karena server yang diatur secara global. Namun, daerah cakupan ini tergantung pada penyedia layanan server yang Anda gunakan. Tipsnya adalah lihat jenis klien yang ingin Anda sasar, kemudian pilih penyedia layanan CDN yang sesuai.

3. Resistensi Kerusakan

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak penilaian pelanggan ke situs web Anda, maka Anda harus menambahkannya ke situs media sosial. Artinya Anda sudah siap untuk menerima berbagai komentar dan lalu lintas besar pada beberapa artikel yang Anda buat. Selama kejadian seperti itu, jika Anda tidak memiliki pengaturan caching dan CDN yang tepat, maka tidak ada yang bisa menyelamatkan situs Anda dari crash. Jadi, ini adalah alasan lain untuk memilih CDN untuk situs WordPress Anda. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mendistribusikan beban kerja melalui beberapa server.

4. Membantu Peringkat SEO

Google telah mengesahkan undang-undang, di mana disebutkan dengan jelas bahwa situs dengan kecepatan pemuatan yang lebih tinggi akan menikmati peringkat yang lebih baik. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, CDN membantu mempercepat kecepatan pemuatan (loadtime). Jadi, jika Anda ingin meningkatkan peringkat SEO Anda, langkah bijak adalah menambahkan CDN ke situs WordPress Anda.

Menggunakan CDN dalam aspek ini akan medapatkan 2 manfaat sekaligus. Pertama akan membantu website Anda untuk menjaring klien secara cepat dan kedua akan meningkatkan peringkat situs di mata google.

Baca Juga: 10 Tema WordPress Terbaik untuk Jualan Online di Tahun 2019

Keempat poin diatas sudah cukup penting untuk membuktikan pentingnya CDN untuk situs yang Anda kelola. Jadi, mengintegrasikan CDN ke situs wordpress Anda bukanlah ide yang buruk. Pastikan Anda mendapatkan penyedia layanan CDN terbaik yang sudah terkenal, dan kaitkan situs wordpress dengan server mereka.