-->
Meidi Y
Meidi Y Blogger pemula yang ingin berbagi pengalaman hidup melalui tulisan dan diharapkan dapat menginspirasi banyak orang.

Dasar Editing: Cara Menggunakan Adobe Premier Pro

Dasar Editing: Cara Menggunakan Adobe Premier Pro
Medipedia - Salah satu bagian paling dasar pembuatan cerita dan pembuatan film adalah editing. Tanpa mengedit secara baik, cerita yang ditampilkan tidak hidup pada layar. Untuk itu tutorial ini langkah demi langkah Kami memulai editing dengan Adobe Premier Pro CC Kami buat untuk memudahkan Anda dalam editing video. Tutorial ini bisa Anda terapkan pada Mac maupun Windows.

5 Teknik Dasar  Editing Menggunakan Adobe Premier Pro

1. Mulai Persiapkan File

Salah satu yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah adalah mengatur semuanya sejak awal. Perhatikan apakah Anda ingin menggunakan penyimpanan internal maupun eksternal nantinya. File yang Anda gunakan dapat ditempatkan pada suatu folder maupun sub folder tersendiri. Anda bisa membuat sub folder sesuai contoh dibawah ini,

Struktur Pembuatan Sub Folder

Selalu mengetahui dengan mudah letak file Anda akan menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi alur kerja Anda nantinya. Pembuatan sub folder yang berbeda pada folder projek akan mempermudah untuk mengelola semua file didalamnya. Keuntungan lainnya adalah, pengarsipan projek Anda dalam mode yang terorganisir ini akan mempermudah kerja editing Anda di masa depan.

2. Membuat Sebuah Projek Baru Premier Pro

Setelah Anda membuka Premier Pro, mulailah dengan membuat sebuah projek baru. Ini akan memunculkan jendela proyek baru, dimana Anda perlu untuk menentukan nama dan lokasi penyimpanan projek Anda. Langkah ini sangatlah mudah, yaitu Anda hanya tinggal mengetikan nama projek dan browse ke folder projek yang Anda buat.  

Membuat Sebuah Projek Baru di Premier Pro

3. Tampilan Awal Premier Pro (interface)

Berikut ini merupakan apa yang akan tampak pada tampilan awal projek Premier Pro. Tampilan antarmuka ini cukup sederhana untuk mengedit video. Terdapat empat ruang jendela utama untuk mulai melakukan editing:

Halaman Interface Premier Pro
  • Project (kiri bawah) : ruang import dan mengatur media Anda.
  • Source Monitor (kiri atas) : ruang untuk melihat dan memangkas media mentah Anda.
  • Program Monitor (atas kanan) : ruang untuk melihat urutan waktu Anda.
  • Timeline (bawah kanan) : ruang editing media
Anda dapat memindahkan dan menyesuaikan ruang kerja Anda di jendela interface > workspace.

4. Import Media dan membuat Sequence Baru

Setelah Anda melakukan step diatas, maka Anda telah membuat projek baru Anda. Langkah selanjutnya yaitu Anda dapat memulai dengan mengimpor media Anda. Ada beberapa cara untuk dilakukan pada Premier Pro. Untuk saat ini cukup klik File > Import Media (gambar, audio maupun video).

Membuat Sequence Baru

Setelah Anda mengimpor media Anda, maka buatlah urutan baru dengan dengan mengklik File > New Sequence. Ini akan membuka jendela urutan baru, dimana Anda dapat menentukan pengaturan lanjutan mengenai urutan. Karena Premier Pro melakukan pekerjaan yang berat dalam mengotomatisasi proses setelah Anda menempatkan media di dalam timeline, melewatkan semua ini akan menampilkan semuanya. Anda hanya mengubah urutan Anda dibawah jendela dan klik OK.

Drag Timeline dan Edit Sequence

Dari jendela projek, seret salah satu file video yang Anda impor sebelumnya ke timeline. Karena ini klip pertama yang Anda seret ke timeline, maka Premier Pro akan menyakan apakah Anda ingin mencocokan pengaturan sequence klip ini. Klik “change Sequence Settings”

5. Dasar-Dasar Pengeditan

Sekarang Kita akan membahas beberapa alat pengeditan dasar, istilah dan tekhnik. Hal ini akan membantu Anda membiasakan diri dengan bagia-bagian penting cakupan pengeditan.
  • In and Out Points
Klik dua kali pada salah satu file video di panel projek Anda, ini akan memeuat klip monitor Sumber Anda. Gunakan tombol Mark In ({) dan Mark Out (}) untuk mengatur awal dan akhir klip Anda. Anda akan selalu dapat mengubah panjang pilihan ini setelah Anda menempatkan klip pada timeline, jadi tidak perlu khawatir.

In and Out Points
Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard untuk mengatur poin (I) dan keluar (O).
  • Menyeret klip ke timeline
Setelah Anda membuat pilihan menggunakan poin masuk dan keluar, Anda dapat menyeret klip ke timeline (dari jendela projek atau source monitor) atau menggunakan tombol sisipkan/timpa (Insert/Overwrite).

Klip Timeline
  • Editing Timeline

Kini setelah Anda menempatkan klip di timeline, Anda dapat memindahkannya dan menyesuaikan panjangnya dikedua ujungnya menggunakan Selection tool (V). Kursor Anda akan berubah menjadi simbol panah merah ketika Anda memposisikannya dibagian dalam atau tepi luar klip. Dengan menggunakan Razor Tool (C), anda dapat membagi klip menjadi dua atau memotong bagian klip (cut). Kedua tool ini akan memungkinkan Anda melakukan sebagian besar pengeditan dasar.

Edit Projek di Timeline
Jadi begitulah, Sekarang Anda dalam perjalan untuk menjadi seorang editor pemenang penghargaan. Tentu saja ini hanya dasar-dasar, tetapi Kami mempunyai banyak sekali tutorial lainnya, dan Kami akan membahas lebih dalam lagi suatu saat nanti. Sehingga tidak peduli Anda belajar apa, Kami dapat membantu Anda untuk mencapai level berikutnya di pengeditan lainnya.

Punya pertanyaan atau hal-hal tertentu yang ingin Anda ketahui? Beri tahu Kami di kolom komentar bawah ini!
Meidi Y
Meidi Y Blogger pemula yang ingin berbagi pengalaman hidup melalui tulisan dan diharapkan dapat menginspirasi banyak orang.
Dapatkan update artikel terbaru dari Medipedia.id lewat email. GRATIS!